Sunday, May 15, 2016

Cara Mengatasi Driver Yang tidak Support di Windows 10

Windows 10 Merupakan windows versi terbaru saat ini. Dimana versi sebelumnya adalah versi Windows 8. Untuk update kali ini saya rasa ini merupakan versi terbaik dari Windows kalau dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dari segi performa dan design interfacenya versi windows 10 sangat smooth.

Lalu bagaimana dengan support driver? Nah inilah yang terkadang dibeberapa laptop/pc tertentu yang belum support. Pada saat update/upgrade ke windows 10 terkadang driver komputer tidak support atau sudah bisa diinstall tapi belum bisa jalan semisal kalau dicek di device manager ada tanda seru di bagian drivernya.

Nah dari permasalahan diatas saya mau berbagi cara mengatasi driver pc/laptop yang tidak support di Windows 10 misalnya driver wirreless, local area connection atau bahkan driver sound tidak berfungi di pc/laptop kita setelah upgrade ke windows 10. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian coba sebelum kalian menyerah atau mungkin bahkan downgrade versi windows 10nya.

1. Pastikan driver sudah terinstall, cek di device manager untuk melihat apakah driver yang belum terinstall jika ada, ditandai dengan tanda seru berati driver tersebut belum terinstall atau tidak berfungsi


2. Update/install driver kalian jika langkah 1 ditemukan, install driver bisa dilakukan secara automatic ataupun manual. Secaa automatic dengan cara klik kanan driver yang mau diinstall terus pilih update driver and software akan dimunculkan 2 pilihan yaitu pilihan pertama, windows akan mecarikan secara otomatis tapi dengan syarat ada koneksi internet di laptop/pc kalian. Dan Pilihan ke 2 yaitu kalain bisa browse dilokal laptop/pc kalian jika kalian punya drivernya ( atau kalian bisa menginstall sendiri drivernya jika kalian punya installternya)


3. Jika langkah ke 2 masih belumny menyelesaikan permasalahan kalian kalian bisa mencari di internet atau disitus support driver masing merek pc atau laptop kalian. Temukan di web support driver dengan mencari sesuai dengan merek laptop/pc kalian. dan jika sudah ketemu maka download dan installah driver tersebut. Misalnya merk laptop kalian acer maka kalian bisa mencari di google dengan mencary keyword "Acer support driver indonesia" maka akan dimunculkan situs untuk download driver merk acer




4. Dan jika masih belum menyelesaikan permaslahan driver yang tidak support windows 10, langkah terakhir menurut saya adalah melakukan update system windows kalian. Aktifkan settingan windows update automatic kalau pertama kali install windows maka akan ada updatetan windows 10 biarkan laptop/pc melakukan update untuk proses ini dibutuhkan koneksi internet yang bagus karena laptop/pc akan melakukan download file update system windows dan membutuhkan waktu yang cukup lama jika koneksi kalian lambat. Setelah Proses downlaod update selesai maka restartlah laptop/pc kalian untuk proses instalasi update system windows laptop/pc kalian dan ini juka membutuhkan waktu yang lama jangan mematikan laptop kalian secara paksa jika proses update ini sedang berjalan. Setelah proses update selesai saya yakin driver yang sebelumya tidak support akan otomatis bisa berjalan dengan baik itu menurut pengalaman saya ya.


Dan jika semuang langkah diatas belum bisa mengatasi maslah driver yang tidak support di windows 10 kalian, kemungkinan besar merek laptop/pc kalian memang belum support dari windows 10. Kalau kalian mau menunggu kemungkinan bakal update baru dari windows/ atau dari support driver laptop kalian untuk mengatasi ini. Kalian bisa melakukan langkah 3 dan 4 kalau kalian masih ingin menggunakan windows 10. Dan jika kalian tidak sabar kalian bisa mengembalikan atau downgrade versi windows kalian ke versi seblumnya yang support dengan laptop/pc kalian.


Demikian sharing saya mengenai cara mengatasi driver laptop/pc yang tidak support dengan windows 10, Semoga info ini berguna buat kalian.

Thanks sudah berkunjung ke blog saya ini.
Disqus Comments