Sunday, August 28, 2016

Cara Mengatasi Tidak Bisa Connect Sharing Printer Di Komputer ( No Driver Found)

Selamat pagi sahabat partazone kali ini saya akan berbagi cara mengatasi tidak bisa connect printer sharing di local network. Sedikit ane jelasin apa itu sharing, sharing kalau diartikan ke bahasa indonesia artinya berbagi jadi kalau sharing printer artinya berbagi printer dalam hal ini misal di komputer A terpasang printer maka jika printer itu disharing maka komputer B,C dan lain-lain bisa menggunakan juga atau bisa ngeprint ke printer yang ada dikomputer A.


Kali ini saya tidak akan menjelaskan gimana cara sharing printer tapi saya akan menjelaskan cara mengatasi tidak bisa konek sharing printer di local network dengan error no driver found. Jadi buat kalian yang bermasalah dengan printer sharing no driver found, kalian beruntung datang ke blog ini.. :D


Tidak Bisa Print : Semua Printer Hilang di Menu Device and Printer

Nah berikut saya akan menjelaskan penyebab dan solusi mengatasi tidak bisa konek printer sharing no driver found :
Tidak bisa install driver printer. Setelah printer disharing dikomputer yang terpasang printer maka langkah selanjutnya kalian/client yang ingin menggunakan printer tersebut harus menghubungkan /mengonekkan sharing printer tersebut. Caranya buka my computer kemudian ketikkan ip komputer/nama komputer yang terinstall printer misall seperti \\192.168.1.10 kemudian tekan enter maka akan muncul apa saja yang disharing oleh komputer dengan ip tersebut, jika printer sudah disharing maka akan muncul nama printer yang disharing kalian tinggal klik 2 kali di nama printernya maka akan ada proses instalasi driver printer.


Namun ada kalanya pada saat proses windows printer installation ada error no driver found seperti gambar dibawah ini


ini disebabkn komputer tidak menemukan driver dari printer. Kenapa bisa begitu itu karena perbedaan versi windows mungkin komputer server dari printer menggunakan windows versi yang berbeda misalnya  32 bit atau sebaliknya menggunakan versi 64 bit.  

Untuk mengatasinya permasalahan tersebut yaitu dengan menginstall driver printer yang cocok dengan komputer client secara manual terlebih dahulu setelah terinstall selanjutnya coba konekin lagi pasti sekarang printer sudah terkoneksi.

Demikian cara mengatasi printer sharing dengan error no driver found. Semoga tips ini berguna buat kalian semua.

Update :
Supaya tidak muncul notifikasi no driver found yang beda versi 64/32 ada cara lain yaitu dengan menginstall driver versi 32/64 bit di komputer yang terpasang printer.

Cara Install Driver printer beda bitnya :


Masuk ke printer properties kemudian klik di bagian sharing, dibagian bawah ada tombol additional driver seperti gambar berikut

Selanjutnya klik tombol Additional Drivers tersebut, maka akan muncul windows additional driver, contreng x86(32bit) dan x64 (64bit) kemudian klik tombol ok.

Maka akan muncul windows install driver printer, klik browse dan cari dimana kalian menaruh driver printer cari file yang ada extension .inf klik itu dan open, kemudian klik ok jika benar maka akan ada proses install driver. tunggu sampai selesai.

Nah jika sudah demikian maka jika diakses dari komputer client dengan versi yang berbeda maka tidak akan muncul error no driver found karena sudah terinstall di komputer server driver dari komputer client baik 32bit/64bit.

Demikian langkah lain mengatasi error driver not found pada saat proses sharing printer. Langkah kedua ini berguna buat kalian yang banyak punya client jadi tidak perlu dibingunkan dengan install driver printer lagi dari awal di komputer client.

Tks dah berkunjung jangan lupa klik like atau share ya...

    Disqus Comments