Saturday, October 22, 2016

Cara Simple Maintenance/Menjaga Komputer Tanpa aplikasi ( User Awam)

Komputermu terasa lambat pada saat membuka aplikasi dan terkadang komputer hang sendiri, pasti sangat menjengkelkan. Kalau komputermu sudah seperti itu harus dibawa ketempat service dan jangan terkejut saat tukang service meminta bayaran yang cukup wah...haha.. Padahal untuk melakukannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Tapi begitulah ilmu harganya mahal.
Tapi jangan khwatir kali saya akan berbagi ilmu dan semua gratis tis tis..haha
Kali ini saya akan memberikan panduan memelihara komputer kalian, cara ini sangat simple dan semua pengguna komputer bisa melakukannya.

Berikut langkah-langkah memelihara komputer untuk pengguna awam

1. Matikan Auto startup aplikasi yang tidak diperlukan

Mematikan pengaturan aplikasi yang berjalan  otomatis saat kompter dihidupkan, kenapa begitu karena semakin banyak aplikasi yang berjalan maka akan menguras memori komputer kalian dan komputer pun hang jika sudah kelewatan

Cara mematikan auto startup aplikasi di komputer : Tekan Windows + R di komputer kalian setelah itu ketik msconfig kemudian enter/ok, maka akan muncul jendela system configuration, klik dibagian start up nah di sana akan terlihat aplikasi-aplikasi yang berjalan otomatis pada saat komputer hidup. Disable atau hilangkan tanda contreng untuk menonaktifkannya. Misal seperti yahoo messenger atau aplikasi lain ynag tidak dibutuhkan matikan saja. Setelah dihilangkan tanda contreng klik apply dan ok. Komputer akan meminta restart pilih restart saja untuk menjalankannya. Sebelumnya simpan dulu semua file kalian sebelum melakukan restart biar tidak hilang.

Sebelum lanjut ke langkah ke dua, saya berikan tips tetang auto start up dikomputer, selain dibuat automatis auto startup ini pada saat menginstall komputer, auto start up ini juga bisa kita maanfaatkan jika ingin menjalankan service/aplikasi tertentu yang harus jalan dikomputer kalian. Semisal dikomputer kalian ada service sebuah billing maka dengan menempatkannya di auto start up maka service tersebut akan langsung berjalan ketika komputer dihidupkan.

2. Menghapus temporary file 

Temporary file merupakan file berkas dari system semisal kalian mendownload document dengan langsung membuka tapi tidak menyimpannya maka akan tersimpan di temporary folder di komputer kalian, atau melakukan instalasi aplikasi juga bisa menyebabkan temporary di komputer. Dan kalau dibiarkan terus menerus temporary folder ini akan berisi ribuan file terkadang virus juga bisa bersembunyi di sana. Jadi hapus saja semua file yang ada di temporary folder tersebut. Dengan menghapusnya akan menambah space hardisk kalian juga meringankan kinerja komputer.

Cara menghapus temporary file : Buka local disk C atau dimana windows kalian diinstall setelah dibuka klik folder users dan selanjutnya pilih nama user kalian yang muncul. setelah dipilih cari folder AppData. Kalau tidak ada folder tersebut kemungkinan folder option kalian masih di hidden/ pilihan show hiden file belum diaktifkan. Untuk mengaktifkan hidden folder klik Organize > folder > folder and search options > klik di bagian view dan selanjutnya pilih show hiden files, folders, and driver kemudian klik ok. Maka semua folder yang ke hide akan muncul. Klik AppData maka akan muncul lagi pilihan folder klik local dan cari folder Temp, buka folder tersebut maka di sana akan terdapat banyak sekali file atau folder yang tidak dikenal, Hapus saja semua folder tersebut kemungkinan membutuhkan waktu lama kalau filenya banyak. Jika ada error file tidak bisa dihapus skip  saja karena kemungkinan file itu lagi digunakan oleh aplikasi lain yang sedang berjalan di komputer kalian. Kalau sudah selesai selanjutnya restart komputer kalian.

Jika langkah diatas terasa ribet baik ini ada langkah simple untuk mengakses Folder Temp di komputer kalian. Cara mengakses folder temp dengan menekan simbol windows + R di keyboard komputer kalian. Setelah muncul jendela run ketik disana %temp% kemudian tekan ok, dengan cara ini juga bisa mengakses folder temp di komputer kalian. Dan kalian bisa menghapus smua file yang ada di dalam folder temp tersebut.

3. Melakukan Disk Defragmenter

Disk defragmenter ini berfungsi untuk mengatur system hardisk dalam mengelola penyimpanan di hardisk.
Caranya melakukan Disk Defragmenter : Buka my computer di komputer kalian selanjutnya klik kanan di salah satu partisi hardisk kalian misalnya di Local disk (D:) dan pilihlah properties dan klik dibagian tools disana akan ada tombol Defragment now klik itu makan akan mucul jendela Disk Defragmenter di bagian status akan dimuncul partisi hardisk yang ada di komputer kalian. Pilih salah satu untuk yang akan di defragmenter. Selanjutnya klik tombol defragment disk untuk menjalankan maka akan ada proses defragment di staus hardisk yang tadi dipilih, tunggu saja karena membutuhkan waktu yang lama. Lebih bagus jangan melakukan aktifitas lain di komputer kalian agar proses defragment berjalan bagus.

4. Melakukan Check Disk

Check disk ini berfungsi untuk mengecek hardisk karena hardisk yang sering dipakai apalagi komputer yang dimati secara tidak wajar misal listrik mati sehingga komputer mati langsung. Ini akan berfengaruh ke hardisk terkadang bisa menyebabkan corupt file di hardisk. Untuk memeliharanya lakukan check disk secara teratur.

Cara melakuak check disk : Buka my computer di komputer kalian selanjutnya klik kanan di salah satu partisi hardisk kalian misalnya di Local disk (D:) dan pilih properties dan klik dibagian tools disana akan ada tombol Check now klik itu maka akan mucul jendela check disk klik start untuk menjalankanya.

Tunggu saja karena ini membutuhkan waktu yang lumayan lama. Untuk partisi dimana windows kalian diinstall pada saat melakukan check disk maka komputer diminta direstart karena tidak bisa melakukan check disk pada saat windows sedang digunakan. Restart komputer kalian maka pada saat komputer kalian hidup akan ada proses check disk. Gak usah khwatir proses itu aman.

Itulah beberapa cara yang sangat simple memelihara komputer jadi pengguna komputer awam bisa mejalankannya.

Untuk proses yang lebih rumit masih banyak caranya semisal mengungintsall aplikasi yang tidak berguna di komputer tapi itu biarkan yang ahli untuk melakukannya.


Demikian panduan menjaga komputer untuk user awam. Semoga posting ini berguna buat yang membutuhkannya.

Terima kasih


Disqus Comments