Monday, December 05, 2016

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Di Monetize Youtube

Youtuber itu merupakan sebutan untuk orang-orang yang membuat video atau merekan video kemudian di upload ke youtube. Dari video tersebut mereka mendapatkan hasil dari monetized video / video yang berisi iklan. Pasti kalian sering melihat video yang saat diputar ada iklan di atas video tersebut. Itu merupakan iklan dari google adsense.

Berawal dari teman ada yang menanyakan kenapa video yang dia upload tiba-tiba status monetizednya menjadi tidak bisa di monetize tanpa ada peringatan bagian apa yang salah. Dan dari pertanyaan tersebut saya coba mencari tahu video yang dia tidak bisa monetized. Dan setelah melihat langsung video tersebut di settingannya memang benar di bagian monetizenya itu tidak ada dan gambar dolarnya menjadi warna abu-abu.

Dan saya pun mencoba-coba merubah beberapa settingan namun tidak bisa juga. Status monetized di video teman saya itu masih berwana abu-abu.

Saya pikir-pikir apa karena video yang dia upload berkonten dewasa jadi ditolak ya? haha ya memang benar video tersebut berisi sedikit konten dewasa biasa lah penonton sekarang suka yag plus2...haha


Dan saya punya mencoba merubah thumbnail dari video yang dia upload karena yang dia gunakan sebagai video thumbnail sebenarnya tidak ada di dalam video, saya berpikir apakah ini yang menyebabkan youtube menolak monetized karena videonya sedikit menipu.

Setelah saya mengganti thumbnail video tersebut dengan thumbnail yang disarakan oleh youtube dan menyimpannya. Saya tunggu kira2 5 menit dan akhirnya eng i eng video tersebut kembali aktif monetizenya berwarna biru.

Nah dari penglaman saya itu saya menyimpulkan kalau menggunakan thumbnail yang tidak sesuai dengan video akan berpengaruh ke monetized video youtube. Jadi alangkah bagusnya menggunakan thumbnail dari yang disarakan oleh youtube sendiri dan kalaupun ingin menggunakan thumbnail lain yang menarik sebaiknya thumbnail tersebut diambil dari video tersebut.

Berikut saya akan memberikan Penyebab dan Cara mengatasi Video youtube yang tidak bisa di monetized.

Copy right content disini adanya visual dan juga suara yang sudah ada hak ciptanya misalnya di video kalian ada lagu yang ada hak ciptanya maka video kalian akan terkena copy right dan video yang kalian tidak bisa di monetized dan jika bisa maka monetized tersebut akan masuk ke yang punya hak cipta

Cara mengatasinya kalian bisa meremove audio yang terkena copy right, seakarang youtube sudah menyediakn menu untuk menghapus audio tersebut. Sedangkan untuk visual content kalian harus mengedit video kalian dengan memotong bagian yang terkena copy right content dan menguploadnya kembali.

2. Durasi video yang pendek

Durasai video yang terlalu pendek juga bisa menyebakan video tidak bisa di monetized. Sebenarnya tidak ada saya temukan beberapa harus minimal lama durasi video dari aturan youtube tapi ada beberapa video yang saya upload dengan durasi pendek tidak bisa di monetized. Jadi sebaikanya upload video dengan durasi yang panjang misal 5 Menit.

3. Thumbnail video yang berbau pronografi ataupun tidak sesuai dengan isi dari video

Terkadang thumbnail juga bisa menyebabkan video tidak bisa di monetized hal ini karena thumbnail yang berbau pornografi ataupun thumbnail yang tidak sesuai dengan isi video tersebut. Sebaiknya gunakan thumbnail yang disarakan oleh youtube.


Demekian penglaman saya yang bisa saya bagikan mengenai penyebab dan cara mengatasi video youtube yang tidak bisa di monetized. Akana saya update lagi jika saya menemukan maslah baru dalam hal monetized video dari youtube, terus pantau blog saya ini ya.


Terimkasi sudah berkunjunag ke blog ini.


Disqus Comments