Tuesday, September 12, 2017

Cara Mengatur Waktu Automatis di Mikrotik


Apakah mikrotik kalian waktunya berubah ubah apalagi ketika kalian melakukan reboot atau mematikan mikrotik? Jika benar kalian benar melihat posting ini. hehehe
Karena kali ini saya akan memberikan cara mengatur waktu otomatis di mikrotik sehingga waktu akan otomatis terupdate meskipun kalian melakukan reboot mikrotik.

Kenap waktu dimikrotik harus tepat? Ini dibutuhkan untuk beberapa case semisal kalian ada pengaturan firewall dimana firewall itu hanya berfungsi di jam-jam tertentu jadi waku mikrotik harus tidak berubah-ubah supaya jadwal yang kalian buat bisa berfungsi dengan baik.

Ok langsung saja ya saya berikan cara mengatur waktu di mikrotik
1. Buka dulu aplkasi winbox kalian dan loginlah ke mikrotik kalian
2. Kemudian masuk me menu System > NTP Client maka akan muncul form NTP Client concterng enable, di mode pilih Unicast, dan Primary ntp server isikan ip server. saya menggunakan ip local indonesia : 203.160.128.3. Setelah terisi kemudian klik Apply dan klik Ok untuk menyimpannya
3. Selanjutnya masuk ke menu system > clock untuk setting jam dan tanggalnya. Atur timezone kalian sesuai dimana kalian berada semisal saya menggunakan time zone +08:00 maka saya pilih Time Zone Namenya Asia/Kuala Lumpur. Jika sudah klik Apply dan Ok untuk menyimpan dan sekarang coba lihat maka waktu di mikrotik sudah sesuai dengan jam dikomputer kalian. Dan jika direstart maka waktu akan automatis update lagi menyesuaikan dengan zone waktu yang sudah ditentukan.
Demikian cara mengatur jam dan tanggal dimikrotik supaya automatis update ketika mikrotik di reboot. Semoga posting ini berguna buat kalian.

Terimkasih sudah berkunjung



Disqus Comments