Monday, January 28, 2019

Cara Menyembunyikan File Sharing di Jaringan Komputer

Sharing atau berbagi file merupakan hal biasa yang di lakukan di jaringan lokal terutama di perkantoran. Sharing file ini bertujuan mempermudah sesorang untuk melihat/merubah data tanpa harus mengcopy atau kirim email dalam satu jaringan.

Namun ada kalanya seseorang hanya ingin berbagi file kepada orang-orang tertentu yang diinginkan jadi ketika seseorang mengakses \\ipkomputer atau \\namakomputer maka file sharing itu tidak ingin ditemukan.

Berikut saya akan berbagi tips cara menyembunyikan file sharing di jaringan dan yang bisa akses hanya yang tahu nama folder sharingnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik kanan folder yang ingin disharing atau dibagikan dalam satu jaringan dan pilih properties sampe mucul sperti gambar di bawah ini


2. Selanjutnya klik di bagian sharing dan klik tombol Advanced Sharing seperti gambar di atas jika sudah benar maka akan muncul gambar seperti di bawah ini

3. Conterng checkbox Share this folder, di bagian Share name kalian bisa membiarkan nama folder sama dengan folder asli atau merubahnya dengan catatan harus di isi tanda $ di belakang folder seperti gambar di atas. dan di bagian limit kalian bisa atur berberpa user yang bisa akses folder sharing tersebut. Selanjutnya klik tombol permissions. Jika sudah benar maka akan muncul seperti gambar di bawah ini :

4. Supaya folder itu bisa di akses kalian harus menambahkan user administrator ke dalamnya dengan mengklik tombol Add maka akan muncul seperti gambar di bawah ini : 


5. Ketikkan User Administrator seperti gambar diatas dan klik ok. Jika sudah benar maka akan muncul user administrator seperti gambar di bawah ini :
6. Klik user Administrator tersebut  tersebut dan pada contreng semua pada pilihan allow sepertri gambar di bawah ini :
7. Selanjutnya klik Ok dan Ok kembali maka akan muncul tampilan Folder properties dimana Network Path sudah berisi path dari folder yang disharing dan kalian bisa akses folder tersebut dengan mengetikan folder path tersebut. Selanjutnya klik Close. Seperti gambar di bawah ini :

8. Maka folder dapat di akses melalui sharing dengan mengetikkan path sesuai dengan nama pathnya yang tertera sepeti gambar di atas. Jika kalian mengetikan hanya \\ipkomputer \\namakomputer maka tidak akan muncul folder dari sample$ tersebut.

Demikian cara menyembunyikan folder/file sharing dalam satu jaringan. Semoga tips ini berguna buat kalian semua. Terima kasih.






Disqus Comments