Sunday, July 14, 2019

SSD Terbaik Untuk Upgrade Laptop 2019

Ingin upgrade laptop anda yang sudah berumur? Untuk mengupgrade laptop tidak ada banyak hal yang bisa anda lakukan. Dalam kebanyak kasus ada 3 opsi yang bisa anda pilih : (1) membersihkan mesin hingga bersih kemudian install ulang sistem operasi dan program (2) menambah lebih banyak memori, (3) memasang hard drive baru atau solid state drive (SSD).

Untuk saat ini banyak pengguna laptop akan terkejut ternyata opsi ke tiga dengan mengganti hard drive dengan solid state drive (SSD) merupakan pilihan terbaik dan lebih baik lagi jika digabungkan dengan opsi pertama yaitu membersihkan mesin laptop dan install ulang sistem operasi dan software.

Beberapa upgrade hanya memberikan perfoma yang tidak begitu mengejutkan namun dengan menganti solid state drive akan membuat laptop yang sudah berumur terlihat sangat bagus. Hal ini akan sangat terlihat ketika laptop pertama kali dihidupkan maka sistem booting akan berjalan sangat cepat, dan juga terlihat pada saat membuka software besar, membuka file besar, dan proses multi tasking akan berjalan dengan lancar.

Itu karena dengan SSD hanya berurusan dengan memori flash. Hard drive klasik menghasilkan banyak gigabytes untuk uang anda, tetapi mereka pada dasarnya adalah perangkat mekanis. Berbeda dengan SSD yang berkecepatan elektron yang mengalir memlalui chip memori SSD.

SSD : Ok, Dimana saya bisa mendapatkanya? sebelum membeli ssd alangkah baiknya anda mengecek terlebih dahulu apakah laptop anda bisa diupgrade ke ssd. Untuk laptop yang berumur sangat tua anda harus mengecek terlebih dahulu apakah laptop anda menerima kecepatan ssd tersebut. Laptop yang sudah sangat tua kemungkinan tidak memiliki dukungan ssd di dalam bios mereka namun alangkah baiknya tidak melakukan upgrade pada laptop yang sangat tua.  Yang perlu Anda ketahui adalah jenis drive yang ada di dalam laptop sekarang, dan apakah Anda bisa mendapatkannya dengan mudah untuk swap.

Dasar-Dasar: Peningkatan SSD Laptop

Pertama, balikkan laptop Anda dan periksa lubang di bagian bawah yang diamankan dengan satu atau dua sekrup kecil. Jika palka kebetulan mengatakan "HDD" atau yang serupa, jauh lebih baik. Beberapa laptop, seperti Apple MacBook model akhir dan banyak ultraportables super tipis, sepenuhnya tertutup dan tidak akan memberi Anda akses ke jeroan tanpa bantuan teknisi servis (atau keberanian serius, dikombinasikan dengan alat khusus). Tetapi jika Anda bisa melakukan upgrade sendiri, inilah yang perlu Anda ketahui.

Jika di bagian bawah laptop anda ada tempat untuk membuka hardisk ini akan membuat penggantian hdd menjadi ssd akan sangat mudah, anda bisa tersenyum lebar jika laptop anda memilikinya. Anda tinggal membuka penutup hdd tersebut dengan obeng kecil dan setelah casing hdd terbuka maka akan ditemukan baut kecil yang mengunci hdd tersebut anda tinggal melepasnya satu persatu sampi hdd bisa anda lepaskan.

Di beberapa kasus terutama laptop keluar terbaru, produsen laptop sedikit mempersulit pelepasan hardisk dimana casing belakang dibuat menjadi satu jadi jika ingin membuka hardisk anda harus bersusah payah jika bukan ahlinya karena dihaaruskan membuka semua casing belakang.

Nah Berikut SSD terbaik untuk meningkatakan laptop anda berada di list bawah ini :

ADATA XPG SX8200 Pro 

Kelebihan: Hasil yang solid di hampir semua tes patokan kecepatan. Harga kompetitif per gigabyte. Penyebar panas bundel dan penggunaan opsional.

Cons: Crystal DiskMark 4K menulis hasil yang solid tetapi tidak cukup tip-top.

Intinya: XPG SX8200 Pro ADATA menawarkan on-point yang artinya, kecepatan tinggi untuk SSD PCI Express M.2 sesuai harganya. Ini adalah nilai yang kuat dalam ruang drive NVMe.

Samsung SSD 970 EVO
Pro: Lightning-fast random membaca dan menulis. Biaya yang wajar per gigabyte. Opsi kapasitas berganda. Perangkat lunak Windows yang mudah digunakan. Garansi panjang.

Cons: Upgrade mahal untuk PC mainstream yang menggunakan kasual.


Intinya: Samsung SSD 970 EVO menawarkan perpaduan yang sangat baik antara throughput dan kinerja, menjadikannya SSD M.2 PCI Express internal high-end terbaik bagi kebanyakan pengguna

Seagate FireCuda 510 
Pro: Kecepatan berurutan yang sangat cepat. Peringkat daya tahan yang sangat tinggi. Harga kompetitif.

Cons: kecepatan menulis 4K bisa lebih cepat. Hanya dua opsi kapasitas.


Intinya: Seagate FireCuda 510 NVMe SSD adalah drive penyimpanan yang sangat cepat dan tahan lama yang dibuat untuk gamer dan juga para profesional kreatif

Crucial MX500
Pro: Biaya rendah per gigabyte. Performa luar biasa untuk SSD SATA. Tersedia dalam versi SATA 2,5-inci atau M.2. Opsi kapasitas dari 250GB hingga 2TB. Garansi panjang.

Cons: Peringkat daya tahan rendah untuk kasus penggunaan yang melibatkan penulisan data berat.

Intinya: SSD SATA dengan harga agresif, Crucial MX500 masih mengelola kecepatan baca dan tulis yang cepat, menjadikannya nilai yang sangat baik untuk memutakhirkan laptop mainstream atau PC desktop

Samsung SSD 860 QVO
Kelebihan: Sangat terjangkau berdasarkan biaya per gigabyte. Hadir dalam kapasitas 1TB, 2TB, dan 4TB. Mendukung enkripsi perangkat keras. Peringkat keandalan yang sangat baik.

Cons: Garansi yang relatif singkat. Hanya SATA; tidak ada versi PCI Express.

Intinya: Sebagian berkat teknologi memori flash terbaru, Samsung SSD 860 QVO menawarkan banyak kapasitas penyimpanan cepat dengan biaya minimal. Ini adalah solid-state drive internal pemenang untuk peningkatan yang berpikiran anggaran.

Samsung SSD 960 EVO 
Kelebihan: Performa luar biasa untuk harga. Teknologi SSD generasi terbaru, di semua lini.

Kekurangan: Masa garansi yang lebih pendek dari SSD Samsung EVO 850. Model 2TB hanya tersedia di jalur pricier SSD 960 Pro.

Intinya: SSD 960 EVO adalah drive M.2 yang sangat cepat yang sebenarnya semi-terjangkau. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk hampir semua pengguna dengan PC yang mendukung drive PCI Express, faktor bentuk M.2, dan protokol NVMe.

WD Black NVMe SSD
Kelebihan: Tersedia dalam kapasitas hingga 1TB. Sangat cepat, berkat dukungan NVMe dan memori 3D NAND. Biaya yang wajar per gigabyte. Garansi lima tahun.

Cons: Kapasitas yang lebih rendah menawarkan kinerja yang lebih rendah.

Intinya: Tersedia dalam versi 1TB yang luas dan membanggakan kecepatan baca / tulis menakjubkan, WD Black NVMe adalah M.2 SSD yang luar biasa untuk dipasang di rig gaming atau workstation pengeditan media.

WD Blue 3D SSD (M.2)
Kelebihan: Kinerja spot-on untuk SSD SATA model akhir. Peringkat daya tahan tinggi untuk harga. Biaya agresif per gigabyte. Termasuk paket perangkat lunak yang komprehensif

Cons: Masih belum secepat Samsung SSD 850 EVO. Garansi lebih pendek dari 850 EVO.

Intinya: Versi WD SSD Biru 3D NAND 2017 adalah drive SATA mainstream yang sangat baik secara keseluruhan, dengan kinerja mati-padanan yang diimbangi oleh daya tahan yang kuat.

WD Black SN750 NVMe SSD
Kelebihan: Biaya per gigabyte rendah. Performa bagus untuk game PC. Heatsink terintegrasi opsional. Opsi kapasitas berganda.

Cons: Kinerja membaca dan menulis acak relatif rendah.

Intinya: Dengan versi heatsink dan non-heatsink, dan pengaturan perangkat lunak yang memberikan daya maksimum setiap saat, SSD internal WD Black SN750 berkinerja tinggi akan menarik bagi para gamer dan penggemar PC lainnya yang mencari boot drive PCI Express NVMe.

Crucial BX500
Kelebihan: Hasil pengujian langsung untuk drive SATA yang berorientasi nilai. Empat kapasitas untuk dipilih. Dasbor drive yang komprehensif.

Cons: Garansi tiga tahun, versus lima tahun. Lebih rendah peringkat "total menulis" daripada drive yang bersaing dari Crucial. Beberapa fitur pendukung.

Intinya: Crucial BX500 adalah SSD SATA 2,5 inci yang solid, bersahabat dengan anggaran, dengan nilai yang bengkok, tetapi pada kapasitas pengujian kami, MX500 milik perusahaan adalah pilihan yang lebih baik bagi kebanyakan orang.


source : pcmag.com
Disqus Comments