Thursday, August 22, 2019

Cek Postingan Lolos Google AMP dengan AMP Validator Extension




Pada saat ini sudah banyak blog yang menggunakan template Google AMP untuk meningkatkan kecepatan loading suatu website yang di akses melalu smartphone. AMP merupakan vitur canggih buatan google untuk mempercepat loading sehingga suatu halaman bisa di akses lebih cepat.

Namun terkadang bagi blogger pemula saat menggunakan template AMP banyak page atau postingan yang tidak lolos struktur html dari AMP sehingga akan mengurangi perfomance dari suatu website. Fitur amp yang sudah dipasang pada template tidak berjalan dengan baik dan jika di cek di google search console bakal muncul banyak error pada bagian AMP.

Berikut saya akan memberikan sebuah program browser yang bisa mengecek penyebab apakah postingan yang sudah kalian publish itu lolos amp validator atau tidak. Di harapkan dengan tools ini page yang belum terindex oleh google bisa langsung kalian cek apakah sudah lolos struktur AMP atau tidak.

Cara Pasang AMP Validator Extension Di Browser

Untuk memasang AMP Validator di browser caranya sangat mudah kalian tinggal instal extension amp validator pada browser kalian disarankan pada browser chrome atau firefox karena kemungkinan pada browser lain belum mendukung.

1. Buka link AMP Validator disini

2. Selanjutnya klik tombol Add to Chrome

3. Maka akan muncul popup add AMP Validator? klik saja tombol add extension seperti gambar di bawah ini
4. Tunggu beberapa saat proses penambahan extension atau add ons pada browser. Jika sudah selesai maka akan muncul icon amp validator pada pojok kanan atas di samping address bar seperti gambar di bawah ini
5 Selesai. AMP Validator sudah terpasang pada browser kalian

Cara Menggunakan AMP Validator

Untuk menggunakan amp validator cukup mudah kalian tinggal membuka salah satu page yang ingin kalian cek apakah sudah lolos amp struktur atau tidak. Jika page atau postingan yang sudah kalian buat lolos amp validator maka icon amp validator akan berwarna hijau namun jika masih ada kesalahan struktur amp maka bakal berwarna merah dan ada angka yang menunjukkan jumlah kesalahan struktur dari amp. seperti gambar di bawah ini
Lolos AMP

Salah





Ketika ada kesalahan struktur amp maka saat icon di klik akan menunjukkan penyebab page atau postingan kalian tidak lolos amp seperti gambar di bawah ini

Pada gambar di atas terlihat penyebab tidak lolos amp validator karena pada strukt amp dari gambar yaitu atribut image anchor tidak boleh pada tag a, tag img tidak diketehui seharunya amp-img. 

Dengan mengetahui penyebab kesalahan tersebut maka kalian bisa memperbaiki struktur html dari postingan yang sudah kalian buat.



Demikianlah tips cara cek postingan lolos amp dengan amp validator add ons. Semoga tips ini berguna buat pemula yang lagi menerapkan template amp di blog sobat.

Terima kasih.


Disqus Comments